Desa Congkrang, 26 November 2019

Bahasa adalah cerminan peradaban jaman atau seseorang. Kesantunan seseorang dalam berbicara, berbahasa atau bertutur kata dapat untuk menilai seseorang tersebut beradab atau tidak.

Adab atau peradaban adalah akhlak dan kesopanan atau kehalusan budi pekerti. Peradaban dalam bahasa inggris adalah civilization. Manusia beradab adalah manusia yang memiliki akhlak yang mulia, kesopanan dan kehalusan budi pekerti.

Rangkaian kata atau bahasa dalam bertutur kata pun dapat untuk menilai peradaban sosiologi dan psikologi seseorang dan suatu jaman.Dalam perkembangan kemajuan jaman sekarang ini Bahasa Daerah sudah sangat minim sekali dipelajari atau dipergunakan oleh anak-anak,dan bahkan Bahasa Daerah yang halus atau kromo inggil yang benar.

Sekretaris Desa Congkrang Muktadin Asim menjelaskan “Fenomena inilah yang mendorong Pemerintah Desa Congkrang mengadakan Pelatihan Bidang Kebudayaan Tingkat Desa dalam hal ini adalah Pelatihan MC Bahasa Jawa ,sesuai dengan usulan sebagian besar perwakilan warga masyarakat Dusun di Desa Congkrang ,yang kemudian diakomodir dalam APBDes Desa Congkrang Tahun Anggaran 2019 Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Sub Bidang Pembinaan Kebudayaan Tingkat Desa.”jelasnya

Pelatihan MC Jawa Desa Congkrang berlangsung 10 kali pertemuan dengan Narasumber atau Pelatih dari Permadani Kabupaten Magelang ,berlangsung setiap malam Senin dan malam Rabu.Peserta terdiri dari 6 orang perwakilan Dusun di Desa Congkrang. Sampai dengan berita ini ditulis pertemuan sudah berlangsung selama lima kali.Harapanya kedepan semua peserta dapat mengimplementasikan apa sudah diajarkan untuk digunakan dalam kegiatan kemsyarakatan.

 Dan inilah yang menjadi materi pelatihan diantaranya Tuladha Pranata Cara Budaling Layon, Tuladha MC Ing Adicara Pengaosan,Atur Pambagya Ing Wiwahan Temanten dan masih banyak lagi .(triistan)







Berikut kami sampaikan contoh Atur Pambagya Ing Wiwahan Temanten, Tuladha MC Ing Adicara Pengaosan,dalam bentuk JPG.