Jelajah
IMG-LOGO

DI DESA CONGKRANG ADA KADER PEMBANGUNAN MANUSIA

Create By 30 August 2019 9 Views

Desa Congkrang, 14 Agustus 2019


KADER PEMBANGUNAN MANUSIA (KPM) MUNTILAN DI LATIH PENINGKATAN KAPSITAS PSDM

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) bagi Kader Pembangunan Manusia (KPM).
dilaksanakan di Aula Balai Desa Congkrang Muntilan Selasa, 13 Agustus 2019,kegiatan ini dihadiri Praktisi Dinas Kesehatan Kab. Magelang,
Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Magelang, Plt. Camat Muntilan, Sekretaris Camat Muntilan, Ahli Gizi Puskesmas Muntilan I.

Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan oleh TPID (Tim Pelaksana Inovasi Desa) yang didampingi oleh PD ( Pendamping Desa) & PLD (Pendamping Lokal Desa) Kecamatan Muntilan."tutur ketua panitia Nur Alam Kartika "
Pelatihan ini kita lakukan mempunyai dasar dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 16 tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019,
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 193/PMK.07/2018 tentang syarat pencairan Dana Desa tahap III.
Kegiatan ini juga mempunyai tujuan sebagai upaya dalam rangka mensukseskan program pemerintah, yaitu Konvergensi Pencegahan Stunting.
Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para Kader Pembangunan Manusia (KPM) di kecamatan Muntilan bisa memahami tugas, peran dan fungsinya dalam mencegah terjadinya stunting di wilayah kecamatan Muntilan.
Di samping itu juga sebagai upaya meningkatkan kepedulian serta pemahaman masyarakat dan pemerintah desa dalam penanganan dan pencegahan masalah stunting di tingkat desa.


Di sisi lain juga tempat mempromosikan pengukuran panjang/tinggi atau panjang badan balita sebagai deteksi dini stunting dan meningkatkan konvergensi dan koordinasi lintas sektor dalam penanganan stunting di tingkat desa.
Peserta Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) berjumlah 26 orang , yaitu 1 orang Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan 1 orang Perangkat Desa dari 13 desa se kecamatan Muntilan.
Pemateri yang di hadirkan adalah Vivilian Massa Lektrina, A.Mg Ahli Gizi Puskesmas Muntilan 1;
Agus Santosa, SKM, MM selaku TIK (Tim Inovasi Kabupaten) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang; Prasetyo Ari Wibowo, ST, Tenaga Ahli PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kabupaten Magelang; Fatah Yani, S.Ag, Tenaga Ahli PSD (Pelayanan Sosial Dasar) Kabupaten Magelang.
Pendanaan kegiatan pelatihan ini berasal dari DOK (Dana Operasional Kegiatan) TPID (Tim Pelaksana Inovasi Desa) Kecamatan Muntilan tahun 2019."pungkasnya"

Sementara itu Vivilian Massa Lektrina,(Ahli Gizi Puskesmas Muntilan 1) memaparkan
"Pelatihan ini sangat membantu bagi kader untuk mengenali secara dini dan pencegahan tentang stunting.
Ada beberapa faktor penyebab stunting yang harus dipahami oleh masyarakat, diantaranya :praktek pengasuhan anak kurang baik,keterbatasannya fasilitas kesehatan bagi ibu hamil,masih kurangnya asupan makanan gizi ,
dan kurangnya akses air bersih dan sanitasi.
Hasil yang di harapkan dari pelatihan ini adalah bagaimana masyarakat mempunyai langkah semangat untuk penanggulangannya yaitu dengan Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada setiap rumah tangga,
memperhatikan pola asuh gizi anak yang seimbang baik pola makan yang bergizi dan tidur yang cukup teratur. Dan yang paling penting adalah pemberian ASI sampai 2 tahun, terpenuhi kebutuhan vitamin dan Imunisasi yang lengkap."

Plt Camat Muntilan Jawawi juga menambahkan "bahwa Kami ucapkan terimakasih kepada Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID), Pendamping Desa (PD) & Pendamping Lokal Desa(PLD) Kecamatan Muntilan yang telah melaksanakan kegiatan Pelatihan ini dengan sangat baik.
Kegiatan ini memberikan bekal dan pemahaman bagi para Kader Pembangunan Manusia (KPM) di wilayah Muntilan akan pentingnya kesehatan masyarakat khususnya dalam konvergensi pencegahan stunting.
Harapannya dengan adanya kegiatan ini perangkat desa dan kader pembangunan manusia di wilayah Kecamatan Muntilan mampu mensosialisasikan kepada kader kader posyandu & masyarakat akan sadarnya berpola hidup sehat".(triistan)